Proses Pemilihan Pemimpin Daerah

A.    Apa yang dilakukan partai

Parpol sebagai sarana komunikasi politik; Salah satu tugas dari parpol adalah menyalurkan aneka ragam pendapat dan aspirasi masyarakat, dan mengaturnya sedemikian rupa sehingga kesimpangsiuran pendapat dalam masyarakat menjadi berkurang.

Parpol sebagai sarana sosialisasi politik (instrument of political socialization); Dapat diartikan sebagai proses seseorang memperoleh sikap dan orientasi terhadap fenomena politik yang umumnya berlaku dalam masyarakat dimana seseorang berada. Proses sosialisasi ini berjalan berangsur-angsur -yang mencakup norma-norma dan nilai-nilai dari satu generasi ke generasi berikutnya. Kerangka panjangnya sarana sosialisasi politik ini bertujuan dan berusaha menguasai pemerintahan melalui kemenangan dalam Pemilu (pemilihan umum). Partai harus beruha memperoleh dukungan seluas mungkin.

Partai politik sebagai sarana recruitment politik; yakni mengajak orang-orang yang berbakat untuk turut aktif dalam kegiatan politik sebagai anggota partai (political recruitment). Dengan demikian partai turut memperluas partisipasi politik, system kaderisasi untuk mengganti pimpinan lama (selection of leadership)

Partai politik sebagai sarana pengatur konflik (conflict management); Dalam suasana demokrasi, persaingan dan perbedaan pendapat dalam masyarakat merupakan sesuatu yang wajar. Jika sampai terjadi konflik, partai politik harus secara cepat, tepat dan tanggap untuk berusaha mengatasinya.

Pemilihan Kepala Daerah adalah suatu komitmen bangsa dalam proses demokratisasi. Secara esensial Pilkada diselenggarakan untuk memperoleh sosok pemimpin daerah yang berkualitas, memiliki kapasitas intelektual, percaya diri, memiliki daya tahan, pelatihan, pengalaman dan reputasi, disamping kriteria formal yang tercantum dalam UU No. 32/2004. selain itu diperlukan kriteria khusus seperti popularitas, akseptabel dan kapabel dengan  keempat kecerdasan. Yaitu kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan kreatifitas, dan kecerdasan spiritual. Dan tugas parpol lah untuk mencari bakal calon dari pemimpin tersebut.

 

B.     Peran partai & kelompok kepentingan sampai pada tahap penghitungan suara

Memberi masukan-masukan dalam proses penyusunan APBD yang mana masukan-masukan tersebut dapat diterima dan dikuatkan dengan ditetapkan sebagai Perda (Peraturan Daerah) untuk kemudian dilaksanakan/di aplikasikan dalam bentuk pembangunan secara nyata pada masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: